daun singkong
tentang jepang dan indonesia
di mata seorang penggemar sayur daun singkong
Wednesday, December 01, 2004

Dunia ini kecil...

Iseng-iseng, saya buka account Friendster. Suatu saat, saya menemukan data teman lama jaman SMP dulu. Setelah dilihat connection detail-nya, teman saya itu ternyata adalah temannya teman saya yang lain, yang (teman yang lain itu) tidak bersekolah di SMP yang sama. Kejadian ini beberapa kali saya alami, memancing rasa penasaran. Masak sih, dunia itu segitu kecilnya, masak teman yang baru saya kenal (bukan di Indonesia lagi kenalnya !) ternyata kenal dengan teman sekolah saya dulu.

Karena penasaran, iseng-iseng saya cari info lewat google. Sampai akhirnya ketemu teori "Fenomena Dunia Kecil -- Small World Phenomenon" di Wikipedia. Teorinya, semua orang di dunia ini bisa terhubung oleh suatu hubungan sosial. Tahun 1967, Stanley Milgram mengatakan bahwa dua orang Amerika yang dipilih secara acak, sebenarnya terhubung rata-rata melalui 6 hubungan perkenalan. Bidang ini masih menjadi topik penelitian sampai saat ini.

Di bidang matematika, ada Erdős number, yang menunjukkan berapa jauh 'tingkat kenalan' seseorang dengan ahli matematika Paul Erdos. Paul Erdos sendiri memiliki Erdos number 0, orang yang pernah menulis jurnal bersama Pak Erdos, memiliki Erdos number 1. Orang yang pernah menulis jurnal dengan pemilik Erdos number 1, memiliki Erdos number 2, dan seterusnya.

Sedangkan di bidang perfilman, ada Bacon number, yang menunjukkan berapa kenal seseorang dengan artis Kevin Bacon. Uniknya, Paul Erdos sendiri punya Bacon number 4. Berarti, ada kenalannya Pak Erdos yang kenal dengan temannya si temannya Kevin Bacon.

Wah, kalau begitu, berarti mungkin ada teman saya yang kenal dengan temannya - temannya - temannya Yon-sama. Berapa yah, Yon-sama numberku ? Ada yang berminat bikin penelitian tentang ini ?

Dan, berapakah Emil number anda ?

---
tambahan : setelah diperiksa, ternyata Yon-sama number versi friendster saya cuma 3... :) :)
kategori tulisan lama

kumpulan foto

Shopping yuk !

Satu Cinta Lingerie Apa Impian Anda ?

shoutbox

sponsor & link

Powered by Blogger
Weblog Commenting and Trackback by HaloScan.com
BlogFam Community
blog-indonesia
Get Firefox!
JANGAN ASAL COPY PASTE..

email me
created by emiliana dewi aryani
@ 2004 - 2011