daun singkong
tentang jepang dan indonesia
di mata seorang penggemar sayur daun singkong
Monday, October 25, 2004

Bersusah-susah dahulu...

Korban meninggal akibat gempa di Niigata kemarin mencapai lebih dari 20 orang, sedangkan yang luka-luka lebih dari 2500 orang (mainichi interactive). Sebagian besar orang masih berlindung di tempat pengungsian. Dari berita TV disebutkan kurangnya pasokan makanan, listrik di beberapa tempat masih mati, berhentinya saluran air dan gas. Fotonya ada disini.

Sebagai gambaran, saluran air dan gas di Jepang, seperti juga listrik, sebagian besar dipasok oleh pemerintah (daerah ?). Listrik dan gas terpaksa dimatikan untuk mencegah terjadinya kebakaran sebagai bencana lanjutan gempa bumi.

Kalau di Jakarta, saking seringnya mati lampu, biasanya orang-orang sudah siap sedia dengan lilin dan senter. Ada juga yang sedia generator sendiri. Berhubung di Jepang hampir tidak pernah mati lampu, persiapan lilin pun minim. Begitu pula dengan air dan gas. Orang tidak biasa menyediakan botol aqua galon, tidak punya pompa penyedot air tanah untuk antisipasi 'butek'nya air PAM (mungkin menyedot air tanah dilarang kali ya...), dan gas LPG tidak bisa diperoleh dengan gampang. Ada beberapa daerah yang memakai LPG, tapi sebagian besar memakai gas kota.

Jadi, pada waktu listrik dan gas mati, orang tidak bisa masak. Tidak ada air juga untuk minum dan keperluan toilet. Belum lagi cuaca yang semakin dingin saat musim gugur.

So, beruntunglah orang Indonesia yang sering kena mati listrik, tidak kebagian saluran PAM, kalaupun dapat tidak jelas bisa dikonsumsi atau tidak, dan harus repot mengangkut tabung LPG...

kategori tulisan lama

kumpulan foto

Shopping yuk !

Satu Cinta Lingerie Apa Impian Anda ?

shoutbox

sponsor & link

Powered by Blogger
Weblog Commenting and Trackback by HaloScan.com
BlogFam Community
blog-indonesia
Get Firefox!
JANGAN ASAL COPY PASTE..

email me
created by emiliana dewi aryani
@ 2004 - 2011