daun singkong
tentang jepang dan indonesia
di mata seorang penggemar sayur daun singkong
Thursday, October 05, 2006

Teman

Orang Indonesia dengan gampang menyebut orang lain sebagai teman. Teman sekelas, teman sekolah, teman kantor, teman nge-blog... Bahkan ketemu sesama orang Indonesia di depan kedutaan pun bisa disebut teman, teman se-Indonesia ?
Diskusi dengan murid bahasa Indonesia saya membuat saya tersenyum. Kebanyakan orang Indonesia, termasuk saya, waktu memperkenalkan seseorang kepada orang Jepang berkata : "Ini teman saya, watashi no tomodachi desu."Padahal yang dikenalkan bukan benar-benar 'teman' yang bersedia bersama di waktu suka dan duka. Berbeda dengan orang Jepang, yang sepertinya jarang sekali menganggap seseorang sebagai 'teman' kecuali jika memang benar-benar telah akrab dan bisa berbagi kesusahan. Saya perhatikan mereka lebih sering memakai kata-kata 'kenalan' (shiriai), untuk menunjuk orang yang tidak begitu akrab. Kebanyakan memang lebih spesifik seperti 'classmate' (doukyusei), 'rekan kerja seangkatan' (douryo), 'atasan' (joushi), 'senior' (sempai) - untuk menyebut orang yang masuk kantor/sekolah lebih dulu, 'junior' (kouhai) - untuk orang yang masuk kantor / sekolah belakangan.
Tapi mungkin justru disitu letak flexible-nya bahasa Indonesia. Nggak usah mikir terlalu detil, semua dibuat sama, pakai 'teman' saja...
Atau menunjukkan bahwa orang Indonesia memang besar hati menganggap semua orang adalah 'teman' ?
kategori tulisan lama

kumpulan foto

Shopping yuk !

Satu Cinta Lingerie Apa Impian Anda ?

shoutbox

sponsor & link

Powered by Blogger
Weblog Commenting and Trackback by HaloScan.com
BlogFam Community
blog-indonesia
Get Firefox!
JANGAN ASAL COPY PASTE..

email me
created by emiliana dewi aryani
@ 2004 - 2011