daun singkong
tentang jepang dan indonesia
di mata seorang penggemar sayur daun singkong
Tuesday, October 24, 2006

Jalan-jalan ke Jepang - Tips 1: Akomodasi

Mbak Susie bertanya pada saya tentang tips jalan-jalan murah ke Jepang. Karena panjang, rencananya akan saya bagi menjadi beberapa tulisan.

1. Soal akomodasi.
Jujur aja saya nggak tahu bagaimana caranya dapetin hotel murah di Jepang. Soalnya saya nggak pernah pesan kamar hotel dari luar Jepang. Yang jelas kalau pesan hotel dari dalam Jepang, dihitung per orang bukan per kamar. Kalau di Indonesia kita bisa pesan satu kamar diisi beramai-ramai, di Jepang nggak bisa begitu karena pasti ditanya berapa orang yang menginap. Youth hostel memang ada, tapi saya tidak tahu bagaimana prosedur pemesanannya. Di Jepang ini juga ada weekly mansion, apartemen yang bisa disewa per-minggu-an. Tapi untuk weekly mansion ini setahu saya harus ada orang Jepang yang mau dijadikan penjamin (guarantor). Mungkin lebih baik tanya-tanya ke tour agent atau cari-cari info dari internet, seperti di http://www.jafplaza.com/.

Untuk hotel di Tokyo, setahu saya hotel-hotel yang letaknya di lingkaran jalur kereta Yamanote line lebih mahal ketimbang hotel-hotel yang berada agak jauh dari pusat kota. Tapi karena Tokyo itu luas sekali, jarak satu jam naik kereta dari pusat kota seperti tempat saya pun masih beralamat di Tokyo. Gampangnya, Tokyo itu punya 23 ku (ward) dan beberapa shi (city ?). Daerah yang termasuk 23 ku itu masih seputar pusat kota Tokyo, sedangkan di luar itu sudah menjauh dari pusat kota. Di luar 23 ku itu juga banyak daerah yang ramai dan harga hotelnya lebih murah, seperti Hachioji (sebelah barat Tokyo, jarak 40 menit naik JR line ke Shinjuku) atau Machida (agak ke Selatan, 40 menit juga ke Shinjuku naik jalur Odakyu). Selain itu, hotel yang ada di daerah mendekati Yokohama juga katanya lebih murah.

Sebagai informasi, hotel di Jepang ada beberapa jenis. Selain hotel berbintang, ada juga business hotel. Hotel ini biasanya lebih murah dari hotel berbintang, dan sesuai namanya banyak dipakai oleh bapak-bapak berjas yang ditugaskan dinas (atau malas pulang...). Hotel ini kebanyakan hanya menyediakankamar single, dan kabarnya punya banyak servis untuk bapak-bapak yang kecapekan...

Selain itu ada juga love hotel... hotel untuk bercinta... biasanya lebih gemerlapan dibanding hotel biasa, dan bisa disewa per 3 jam untuk istirahat. Capsule hotel juga ada, yang hanya muat untuk satu orang. Katanya sih biarpun sempit masih cukup nyaman...

Selain hotel, ada juga penginapan gaya Jepang (ryokan). Biasanya ryokan ini letaknya di daerah wisata atau pemandian air panas, dan relatif lebih mahal dari hotel karena juga disediakan makan malam gaya jepang. Kalau memang ingin merasakan 'trully' Jepang, boleh juga coba menginap di ryokan. Ada ryokan yang hanya menyediakan futon (kasur lipat), tapi ada juga yang menyediakan tempat tidur. Lebih baik check dulu ke ryokan nya sebelum memesan.
kategori tulisan lama

kumpulan foto

Shopping yuk !

Satu Cinta Lingerie Apa Impian Anda ?

shoutbox

sponsor & link

Powered by Blogger
Weblog Commenting and Trackback by HaloScan.com
BlogFam Community
blog-indonesia
Get Firefox!
JANGAN ASAL COPY PASTE..

email me
created by emiliana dewi aryani
@ 2004 - 2011