daun singkong
tentang jepang dan indonesia
di mata seorang penggemar sayur daun singkong
Sunday, January 16, 2005

Alien

Tip untuk memperlancar bahasa Jepang : cari pacar orang Jepang. Kalau tidak bisa, cari teman orang Jepang, dan bicara sebanyak-banyaknya. Tapi pada prakteknya, saya belum pernah merasa benar2 berteman dengan orang Jepang. Mungkin karena saya tinggal di kota super-besar-penduduknya-super-individualis Tokyo. Mungkin juga karena bahasa Jepang saya yang masih terdengar "aneh". Ibaratnya, saya seperti berbicara dengan bahasa baku yang baik dan benar, sementara lawan bicara memakai bahasa slang. Belum lagi soal gaya bicara. Saya cenderung to the point, tidak mbulet-mbulet seperti layaknya gaya bicara orang Jepang. Saya cenderung ngomong "Maaf, saya tidak bisa datang", daripada "Wah, pada saat itu saya perlu mengerjakan hal sangat penting yang tidak bisa ditinggalkan, jadi saya sangat menghargai jika anda berkenan mengijinkan saya tidak datang ke acara tersebut. " Ribet banget ga sih.

Anyway, kalau tadi saya tulis bahwa saya tidak pernah merasa benar2 berteman, maksud saya, saya belum menemukan orang Jepang yang benar2 bisa membuat saya terbuka dan bisa bicara banyak. Seperti selalu ada dinding pemisah. Kamu Jepang, saya bukan. Bukan orang Jepang ga ngerti dong soal ini... Padahal, saya kan baca soal itu di koran, nonton TV, ga kuper gitu... Lalu, ketika saya bicara sesuatu yang 'hanya diketahui orang Jepang', saya malah dipandang dengan tatapan "hebat banget, kamu kok ngerti soal itu... " Oh...

Begitulah. Mudah-mudahan ini cuma masalah waktu. Tapi saya ga merasa keberatan dianggap 'orang asing'. Wong saya memang orang asing kok. Kartu penduduk saya saja berjudul "Alien Registration". Asal ga dianggap 'orang luar bumi' saja. Saya masih bangga jadi orang Indonesia. Indonesia masih ada di bumi kan ?

Jadi ingat, biasanya setiap kali hendak mengurus sesuatu ke kedutaan, saya selalu ketemu orang Indonesia di tengah jalan. Biasanya pembicaraan dimulai dengan pertanyaan "sudah lama di Jepang ?", kemudian dilanjutkan dengan cerita kebanggaan dari orang itu :"Wah, kalo saya sudah lama disini. Udah putih kan kulit saya. Orang kalo ngeliat saya, pasti saya dianggap orang Jepang." Ya deh, mas... Mudah-mudahan itu ga berarti sudah tidak bangga jadi orang Indonesia...
kategori tulisan lama

kumpulan foto

Shopping yuk !

Satu Cinta Lingerie Apa Impian Anda ?

shoutbox

sponsor & link

Powered by Blogger
Weblog Commenting and Trackback by HaloScan.com
BlogFam Community
blog-indonesia
Get Firefox!
JANGAN ASAL COPY PASTE..

email me
created by emiliana dewi aryani
@ 2004 - 2011