daun singkong
tentang jepang dan indonesia
di mata seorang penggemar sayur daun singkong
Wednesday, November 24, 2004

Memori

Sering mengingat-ingat masa kecil ? Kejadian pada umur paling kecil berapakah yang bisa anda ingat ? Katanya acara di TV ini, rata-rata orang bisa mengingat paling lama kejadian pada waktu dia berumur 4 tahun. Samar-samar, saya ingat waktu ulang tahun di TK dulu, pakai baju bagus sendiri sementara yang lain pakai seragam. Bagi-bagi kantong isi permen ke teman dan ga usah ikut pelajaran.

Pernah bertengkar dengan pacar/suami karena ternyata dia lupa kapan hari jadian ? Katanya, cewek itu lebih mudah mengingat hal-hal yang berhubungan dengan perasaan, seperti tertulis di buku ini. Makanya, tidak jarang cewek masih ingat detail ttg hari istimewa yang berkesan.

Pernah putus cinta, terus sempat berirkrar ga bakal lupa sama cinta itu, tapi ternyata lama-kelamaan lupa juga karena sudah dapat yang baru ? Katanya, itu karena pada waktu itu, ingatan kita masih bercampur dengan emosi, yang secara tidak langsung menambah kuat tempelan kejadian di otak kita. Begitu kita mengganti emosi tsb, tempelan ingatan itu juga makin lama memudar, meskipun tidak sepenuhnya hilang.

Pernah merasa lupa sudah mengunci pintu rumah atau belum, padahal baru saja keluar gerbang ? Katanya, itu karena aktivitas mengunci pintu itu sudah jadi bagian dari kebiasaan, yang dianggap tidak perlu masuk ke memori.

Merasa sudah tua, dan tidak mampu lagi mengingat banyak hal ? Padahal menurut penelitian, tidak ada korelasi antara semakin bertambahnya umur manusia sehat dengan kemampuan mengingat loh. Tahun ini, rekor menghapalkan angka pi (3,14...) dipecahkan oleh seorang bapak berumur 58 tahun dari Chiba. Beliau bisa menghapal sampai 54000 angka dibelakang koma. Masalahnya adalah, semakin tua umur seseorang, makin berkurang rasa keingintahuannya, dan semakin malas mengingat.

Si bapak pemegang rekor tadi, mengingat angka pi dengan 'menerjemahkan' angka2 tsb dengan cerita yang mudah dibayangkan. Misalnya, angka 3 dalam bahasa Jepang bisa dibaca sa, mi, dan san, angka 9 bisa dibaca ka, ku, dan ke, maka 392394 bisa dibaca menjadi sakenomikanji (bos minum sake). Cuma saya belum bisa menemukan bagaimana menerjemahkan angka dalam bahasa Indonesia.

Nah itu sih katanya acara TV. Tapi bisa dibayangkan kan, betapa repotnya seandainya kita otak kita tidak bisa mengingat ? Lupa siang tadi makan apa, padahal makanannya super lezat. Lupa bahwa hari ini janjian jalan dengan yayank, ga bisa merasa deg-degan dong. Meskipun ada juga sih, ingatan yang pinginnya dihapus saja...

memori, kau membuka luka lama
yang ku ingin lupa
memori, tolong daku pergi jauh
janji tak kan kembali memori...
(Ruth Sahanaya)

Sayangnya, saya baru nonton acara ini kemarin, bukan waktu saya SMA. Kalau saja dari dulu saya sadar penelitian ttg memori manusia ini menarik, mungkin sekarang saya ga ada di lab ini, tapi di lab lantai paling atas bersama para kera tanpa batok kepala yang sedang diteliti otaknya.
kategori tulisan lama

kumpulan foto

Shopping yuk !

Satu Cinta Lingerie Apa Impian Anda ?

shoutbox

sponsor & link

Powered by Blogger
Weblog Commenting and Trackback by HaloScan.com
BlogFam Community
blog-indonesia
Get Firefox!
JANGAN ASAL COPY PASTE..

email me
created by emiliana dewi aryani
@ 2004 - 2011