daun singkong
tentang jepang dan indonesia
di mata seorang penggemar sayur daun singkong
Friday, October 08, 2004

Inovasi

Bicara tentang paten tempe yang banyak diajukan orang Jepang, saya jadi teringat berita tentang kaya mendadaknya seorang ibu setelah mengajukan paten 'sandal diet'. Pengajuan paten, memang bukan cuma urusan peneliti -- biasanya ber-image setengah botak dan culun -- he he he, ga dink ;) . Justru seorang ibu rumah tangga, yang memahami repotnya urusan dapur dan masalah wanita, bisa menjadi pencipta inovasi yang memberi keuntungan besar.

Seperti ibu-ibu lainnya, ibu Nakazawa juga resah tentang berat badannya. Kesibukan rumah tangga menyebabkan olah raga menjadi hal yang sulit dilakukan secara rutin. Berawal dari keinginan diet dengan cara berjinjit setiap melakukan pekerjaan rumah, terpikirlah memotong bagian belakang sandal (yang biasa dipakai di dalam rumah). Dengan memakai sandal yang tinggal separuh ini, otomatis pemakainya akan selalu dalam kondisi berjinjit. Penjualan sandal ini melejit, diperkirakan dalam waktu 10 tahun penjualannya akan mencapai 3,5 miliar yen. Sekarang ibu Nakazawa sudah memiliki perusahaan inovasi sendiri.

www.kiroro.com

Ibu rumah tangga lainnya, Ibu Sasanuma, menciptakan net penyaring benang dalam mesin cuci, karena kesal dengan banyaknya benang warna lepas dari baju ketika dicuci. Benang warna warni ini biasanya akan menempel pada pakaian lainnya pada saat pengeringan. Dari royalti 'barang remeh' ini, beliau sudah mendapatkan sekitar 300 juta yen.

Tentu saja, penemuan seperti ini bukannya tanpa melalui kesulitan. Melalui berkali-kali uji coba dan mengalami kegagalan, siapa tahu, anda pun bisa menjadi milioner (tanpa ikutan kuis)...

NB: Ibu saya protes, ada bedanya antara paten dan hak cipta. Kalau urusan sandal di atas, itu kaitannya dengan hak cipta. Informasi lengkapnya, hubungi ditjen HKI.


kategori tulisan lama

kumpulan foto

Shopping yuk !

Satu Cinta Lingerie Apa Impian Anda ?

shoutbox

sponsor & link

Powered by Blogger
Weblog Commenting and Trackback by HaloScan.com
BlogFam Community
blog-indonesia
Get Firefox!
JANGAN ASAL COPY PASTE..

email me
created by emiliana dewi aryani
@ 2004 - 2011