daun singkong
tentang jepang dan indonesia
di mata seorang penggemar sayur daun singkong
Sunday, September 26, 2004

Sampah kiriman

Hari ini saya mendapat kiriman sampah dari teman saya yang akan pulang kampung ke Jerman. Lap sana, lap sini, cek sana cek sini, pencet sana pencet sini, masih berfungsi semuanya. Jangan curiga dulu, kiriman yang saya terima ini adalah microwave oven dan vacum cleaner. Eh, kok sampah ?

Di Jepang, barang elektronik yang sudah tidak dipakai lagi dan akan dibuang disebut bodai gomi : sampah besar. Membuang sampah ini tidak boleh sembarangan, harus menghubungi recycle center atau produsennya. Selain itu, juga diperlukan sejumlah uang untuk membuangnya, tergantung pada jenis dan besar barang tsb. Untuk membuang TV ukuran 14 inch, perlu membayar sekitar 2000 yen. Mahal ya ? Tentu, ada saja orang yang kurang bertanggung jawab membuang sampah besar sembarangan, misalnya di pulau terpencil seperti Ikeshima. Bahkan di pulau ini, saya pernah melihat mobil & motor ditinggal sampai berkarat. Sayang ya...



Makanya, daripada harus membayar mahal, lebih baik barang tsb dilungsurkan ke orang lain yang mau menerima. Akhir bulan September dan Maret, saat banyak pelajar asing pulang kampung, ada saja tawaran barang elektronik yang akan dilungsurkan. Jadi karena sekarang sudah punya oven, saya tinggal belajar bikin kue. Ada yang mau sharing resep ?

kategori tulisan lama

kumpulan foto

Shopping yuk !

Satu Cinta Lingerie Apa Impian Anda ?

shoutbox

sponsor & link

Powered by Blogger
Weblog Commenting and Trackback by HaloScan.com
BlogFam Community
blog-indonesia
Get Firefox!
JANGAN ASAL COPY PASTE..

email me
created by emiliana dewi aryani
@ 2004 - 2011